Kritik Iklan di Tengah Pandemi melalui Buku #Indonesiaterserah

Editor: KRjogja/Gus

Masa pandemi menjadi tantangan sekaligus pencapaian bagi Mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta angkatan 2018 karena telah berhasil terbitkan sebuah buku berjudul #Indonesiaterserah.

Mengkaji problematika sekaligus menyikapi mewabahnya virus corona yang sedang melanda Indonesia. Buku ini merupakan output dari mata kuliah pengantar periklanan yang diampu oleh Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali, M.A. Buku ini juga menjadi bentuk kritik terhadap etika periklanan yang diterapkan, hingga segala informasi terkait covid-19 yang dikeluarkan pemerintah daerah dari masing-masing tempat tinggal mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNISA angkatan 2018.

Terjadinya disinformasi dan hoax yang terpampang dalam media iklan luar ruang, iklan di media social menjadi keprihatinan dan kegelisahan bersama, sampai lahirnya sebuah tagar “Indonesia terserah” yang membuat masyarakat kebingungan dan patah arang. Dosen Ilmu Komunikasi menyatakan setengah dari penjualan buku yang diperjualbelikan ini nantinya menjadi aksi social yang disalurkan kepada Muhammadiyah Covid-19 Command Center untuk membantu pencegahan covid-19.

“Buku indonesiaterserah ini diperjualbelikan untuk membantu pencegahan pandemi, setengah dari pernjualan untuk bantu2 pencegahan covid-19. Sebab buku ini merupakan kegelisahan bersama atas fenomena disinformasi yang terjadi”, Ungkap Ade.

BERITA REKOMENDASI