Kubah Lava Merapi Sisi Tenggara Tumbuh, Awan Panas Bisa Mengarah ke Hulu Gendol

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – BPPTKG memberikan pernyataan perihal update aktivitas Merapi semenjak erupsi 4 Januari lalu. Berdasar update terbaru, Jumat (5/2/2021) diketahui adanya pertumbuhan kubah lava di sisi tenggara (tengah).

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menjelaskan kubah lava yang selama ini berada di tenggara mulai tumbuh meski terhitung kecil. Menurut dia, pertumbuhan terbilang sangat lambat jika dilihat dari awal erupsi pada awal Januari lalu.

“Kalau dilihat sekarang di sisi tenggara ke arah bukaan kawah Gendol ada pertumbuhan kubah lava di tengah. Mulai terlihat, kita duga kubah itu tumbuh. Secara asasment bahaya belum signifikan karena belum terlalu besar. Pertumbuhan sangat lambat kalau dihitung sejak awal Januari hingga saat ini, satu bulan berarti,” ungkap Hanik dalam keterangan pers daring.

Hanik membenarkan saat ini ada dua kubah lava yang tumbuh di puncak Merapi yakni barat daya dan tenggara. Hanya saja, jalur dari magma tetap merupakan satu kesatuan namun memiliki dua ujung.

“Aktivitas ini diibaratkan seperti buku, bentuknya aktivitas keluarnya magma itu melebar. Data hipocenter sejak November-Desember ada pelebaran. Ujung kiri keluar menembus lava 1997 dan ujung sebelah kanan sekarang menembus kubah lava di tengah itu. Satu jalur begitu hanya titik lemah ada di dua ujung itu,” teranh Hanik.

BERITA REKOMENDASI