Kuliah di Hukum, Najwa Shihab ‘Nyemplung’ di Jurnalistik, Ini Ceritanya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJogja.com – Presenter sekaligus jurnalis senior Najwa Shihab hadir sebagai pembicara dalam acara yang bertajuk EMTEK Goes To Campus di Auditorium W.R Supratman UPN “Veteran” Yogyakarta, Kamis (21/11/2019). Mayoritas mahasiswa yang berasal dari jurusan komunikasi, jurnalistik dan broadcasting memadati acara ini.

Seperti pantauan KRJogja.com peserta tampak antusias pemaparan pendiri narasi tv tersebut. Dalam acara tersebut Najwa Shihab berkesempatan membeberkan pengalamannya berkecimpung di dunia jurnalis tanah air.

Nana panggilan akrab Najwa Shihab menuturkan semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tidak pernah berpikiran menjadi seorang jurnalis. Menurutnya tujuan kuliah hukum ingin menjadi pengacara atau jaksa. ”Namun semua tujuan saya berubah saat ikut magang di RCTI,” katanya.

Beawal dari reporter biasa, Nana kemudian memandu acara mata najwa di Metro TV hingga berlabuh ke Trans 7 hingga sekarang untuk meneruskan kiprah Jurnalistiknya.

Pendiri Narasi TV tersebut menambahkan semua orang pada saat ini dapat menjadi jurnalis. Itulah yang dinamakan citizen journalism dengan berbekal berita dan smartphone.

“Jurnalis harus berani berpihak kepada kebenaran, jurnalis dengan idealisme tinggi harus mampu mengklarifikasi kebenaran di lapangan.Jika dilapangan ada macam-macam versi berita tugas seorang jurnalis adalah memberikan penegasan terhadap kebenaran berita tersebut," jelas Najwa Shihab di depan tidak kurang 3000 mahasiswa yang memadati tempat itu.

(Fatony Royhan Darmawan/KR Academy)

 

BERITA REKOMENDASI