Kuota Siswa di Beberapa SMP Sleman Belum Terpenuhi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, sejumlah sekolah tingkat SMP belum memenuhi kuota siswanya hingga 100 persen. Misalnya yang dialami SMP N 3 Prambanan dan SMP N 4 Prambanan. Lokasi sekolah yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah, membuat kouta kedua sekolah ini seringkali tidak terpenuhi setiap tahunnya.

Kepala SMP 4 Prambanan, Sudaryanto mengatakan, di SMP 4 Prambanan, memiliki jumlah kouta sebanyak 55 siswa. Namun hingga tahun ajaran baru dimulai, masih ada 8 kuota yang belum terisi. Menurut Sudaryanto, meski masih ada 8 kuota yang belum terisi pihaknya tidak bisa berbuat banyak. “Saat ini nampaknya sudah semua siswa mendapat sekolah masing-masing. Sehingga sudah tidak efektif untuk pendaftaran,” terang Sudaryanto, Minggu (19/7/2020).

Sudaryanto mengaku, hal yang sama juga terjadi tahun lalu. Bahkan tahun lalu ada 15 kursi yang belum terisi. Tahun ajaran baru ini, lanjut Sudaryanto, berbeda karena diadakan secara online. Termasuk saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan dilanjutkan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, kendala utama masih terkait kepemilikan handphone dan pemenuhan kuota dari orangtua, belum semua orang tua menyediakan kuota internet yang cukup untuk pembelajaran,” beber Sudaryanto.

BERITA REKOMENDASI