Kupas Tambang Bawah Tanah, Mahasiswa ITNY Juara 3 Student Paper Contest

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahmud Said, mahasiswa Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih juara 3 Student Paper Contest (SPC) Temu Profesi Tahunan (TPT) XXIX Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) 2020. Mahmud Said meraih juara ‘Depati Amir Mining Competition (DAMC) II’.

Mahmud Said menjelaskan, SPC TPT Perhapi ini mengambil tema ‘Mempersiapkan SDM Pertambangan yang Unggul Menuju Indonesia Maju 2045’. “Tahun ini SPC diikuti dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. SPC dilombakan melalui video presentasi yang ditayangkan secara virtual pada tanggal 18 November 2020,” ujarnya Mahmud Said, Senin (30/11/2020). Kegiatan tersebut berlangsung 17 – 27 November 2020.

ITNY yang diwakili dirinya, mengambil judul Analisis Teknis Penggunaan Shotcrete pada Tambang Bawah Tanah Grasberg Block Cave (GBC) di PT Freeport Indonesia, Provinsi Papua. “Pada Lomba ini saya didampingi oleh dosen pembimbing AA Inung Arie Adnyano dan Bayurohman Pangacella Putra,” ucapnya.

Mahmud mengatakan, alasan mengambil judul di atas karena PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan dan menjadi salah satu perusahaan penghasil tembaga, emas dan perak terbesar di dunia. “Tambang bawah tanah Grasberg Block Cave (GBC) yang terletak dibawah tambang terbuka (Open Pit) ialah salah satu tambang masa depan PT. Freeport Indonesia,” Jelas Mahmud.

BERITA REKOMENDASI