Kurangi Kerumunan di Pasar, GoShop Optimalkan Belanja Daring di 26 Pasar Rakyat Sleman

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19 terutama menjelang hari raya Idul Fitri, Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk menawarkan solusi belanja bahan pokok secara daring di pasar-pasar rakyat dengan menggunakan layanan GoShop.

GoShop merupakan layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun dan telah tersedia di seluruh Indonesia. Dengan layanan ini, pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya tanpa perlu ke luar rumah. Layanan GoShop telah banyak dimanfaatkan masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menjalankan aktivitas #dirumahaja.

Kini, Gojek dan Pemerintah Kabupaten Sleman mendorong akses pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui layanan GoShop di 20 Pasar Rakyat serta 6 Pasar Ikan. Hal ini menjadi solusi belanja bahan pokok saat masyarakat #dirumahaja sekaligus mendukung para UMKM pasar rakyat agar dapat melanjutkan usahanya di tengah pandemi COVID-19.  Pasar-pasar tersebut diantaranya adalah :

1.     Pasar Gentan

2.     Pasar Kebon Agung

3.     Pasar Balangan

4.     Pasar Cebongan

5.     Pasar Protojayan

6.     Pasar Ngino

7.     Pasar Ngijon

8.     Pasar Kejambon

9.     Pasar Godean

10.  Pasar Turi

11.  Pasar Jangkang

12.  Pasar Gendol

13.  Pasar Prambanan

14.  Pasar Pakem

15.  Pasar Condongcatur

16.  Pasar Kalasan

17.  Pasar Sleman

18.  Pasar Denggung

19.  Pasar Gamping

20.  Pasar Sambilegi

21.  Pasar ikan Mina Surya Persada,

22.  Pasar Ikan Garongan,

23.  Pasar Ikan Mina Raya 2

24.  Pasar Ikan Nogotirto

25.  Pasar Ikan Mina Mulya

26.  Pasar Ikan Berkah Ulam

Namun demikian, protokol terhadap penyebaran pandemi COVID-19 tetap dikedepankan dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak (physical distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra driver Gojek.

Head Regional Customer Engagement Gojek Jateng DIY Ridzky Novasandro mengatakan, Hari raya Idul Fitri tahun ini akan terasa berbeda dengan Idul Fitri pada tahun sebelumnya, dimana biasanya setiap tahun pasar rakyat akan ramai dengan masyarakat yang membeli kebutuhan pokok, tahun ini kita harus berusaha tetap di rumah. “Untuk itulah kami mendukung semangat kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkab Sleman, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman bersama dengan Gojek. Layanan GoShop turut membantu mitigasi penyebaran pandemi COVID-19, dengan mendorong masyarakat untuk belanja secara daring hanya melalui genggaman tangan, dan tidak berkerumun di pasar rakyat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan saat ini Gojek melalui layanan belanja GoShop juga turut semakin berperan dalam meningkatkan keselamatan, salah satunya dengan jaga jarak aman untuk meminimalisir kontak fisik langsung.

Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoShop telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Bupati Kabupaten Sleman Drs. H. Sri Purnomo,menjelaskan bahwa salah satu layanan super app Gojek yaitu GoShop merupakan solusi untuk mencegah penularan COVID-19 dengan membantu masyarakat untuk belanja dari rumah “Mereka yang biasa beli di pasar tradisional ketika ini ada social dan physical distancing mereka hati-hati tidak berani keluar, mereka ingin memutuskan mata rantai penularan COVID-19 dengan belanja di pasar tradisional cukup dirumah tapi barangnya sudah bisa diantar. Kemudian mereka ketakutan dan ingin untuk beli ikan, dengan kehadiran Gojek akan memberikan angin segar. Masyarakat kita akan beli ikan segar langsung diantar kemudian bisa langsung dinikmati tanpa keluar rumah sehingga phisycal distancingnya tetap terjaga meski kita dirumah. Ekonomi harus jalan dengan bantuan aplikasi Gojek.”

Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19 diatas, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood, GoShop, dan GoSend) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood,  GoShop dan GoSend.

Selain itu, untuk terus memastikan keamanan konsumen serta mitra driver di tengah pandemi COVID-19, Gojek menghadirkan inovasi fitur informasi status suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan.

Sejak minggu ini, jutaan pengguna Gojek dapat melihat fitur ini saat memesan layanan Gojek melalui aplikasi GoRide, GoCar dan GoFood. Gojek merupakan layanan on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan fitur ini guna memperkuat keamanan di ekosistemnya agar dapat terus diandalkan masyarakat. (*)

BERITA REKOMENDASI