Kurangi Pengangguran dengan Program Magang

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk mengikuti perkembangan jaman dan memenuhi kebutuhan pasar, Perkumpulan Penyelenggaran Jasa Boga Indonesia (PPJI) DPD DIY melakukan beberapa inovasi. Mulai dari penggunaan marketing digital hingga menyajikan menu kekinian yang disukai masyarakat.

Ketua PPJI DPD DIY Hj Sri Wahyuni Dewi SE MM menerangkan, dengan adanya Rapat Kerja Daerah I (Rakerda) ini bisa makin memajukan PPJI DPD DIY. Dalam Rakerda ini juga dibentuk tiga komisi. Komisi A yang mengurus masalah kesekretariatan, Komisi B tentang ekonomi dan Komisi C tentang organisasi.

Baca juga :

Selfie Wisatawan Rusakkan Meja HB VIII, Ini Komentar Ibu Ratu
Jelang Nataru, Waspadai Makanan Kadaluwarsa

Keberadaan PPJI, lanjut Dewi, bisa mendukung program pemerintahan. Salah satunya untuk mengurangi jumlah pengangguran. Seperti kerjasama PPJI dengan Disnakertrans DIY dalam program pemagangan. Yakni masyarakat umum mengikuti program magang di anggota PPJI selama tiga bulan. Selama magang, peserta magang mendapat gaji tiap harinya dari Disnakertrans DIY.

“Kebetulan PPJI menjadi anggota Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) DIY. Setelah magang, para pemagang ini langsung ditempatkan untuk bekerja dan mandiri. Sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran di DIY,” urai Dewi disela-sela Rakerda I yang dilaksanakan di Sari Dewi Cateringn di Jalan Magelang Km 10, Selasa (17/12/2019).

Menurut Dewi, PPJI harus bisa memenuhi keinginan pasar saat ini. Pihaknya juga mengadakan program pelatihan agar anggota PPJI juga bisa bersaing dengan menu-menu yang disajikan di hotel. PPJI DIY juga merekrut anggota dari kalangan chef agar bisa belajar tentang plating atau penyajian makanan.

“Karena pada dasarnya plating catering dengan hotel memang berbeda. Selain itu kami juga ada program pelatihan yang mengunggulkan menu-menu kuliner asli Yogya yang dikemas agar menjadi sesuatu istimewa,” ungkap Dewi.

Dewi menerangkan, untuk menghadapi era revolusi 4.0, anggota PJJI juga harus mengikuti perkembangan jaman. Dengan penggunaan marketing digital yakni menggunakan sosial media hingga website untuk mempromosikan jasa mereka.

“Owner juga harus paham tentang marketing digital karena owner itu kan tonggaknya jadi harus smart agar bisa mendelegasikan pekerjaan ke karyawan juga akan baik,” pungkas Dewi. (Aha)

BERITA REKOMENDASI