Langkah Tegas Demokrat Pecat Kader ‘Mbalela’

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Enam kader Partai Demokrat resmi dipecat dari keanggotaan oleh DPP setelah dinilai ‘mbalela’. Hal tersebut mendapat dukungan dari kader di daerah dan dinilai sebagai sebuah sikap tegas partai yang konstitusional.

Pemecatan tersebut resmi diinformasikan oleh Herzaky Mahendra Putra selaku Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat. Pemecatan muncul dari desakan yang kuat dari para kader Partai Demokrat, yang disampaikan oleh para Ketua DPD dan Ketua DPC untuk memecat para pelaku Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) secara inkonstitusional. Enam nama yang dipecat yakni Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib dan Ahmad Yahya.

Sekretaris Partai Demokrat DIY Freeda Musthikasari menyampaikan langkah yang diambil DPP dengan memecat enam kader tersebut merupakan sebuah langkah tegas yang konstitusional. Menurut Freeda, langkah pemecatan diambil untuk menjaga keutuhan dan lazim dilakukan oleh partai.

“Jika memang dalam tubuh partai politik ada kader yang “mbalela” maka pasti partai akan melakukan langkah yang dianggap mampu menjaga soliditas dan keutuhan partai, ya salah satunya ialah dengan memecat para kader yang mbalela itu. Ketika seseorang masuk dalam organisasi partai politik, maka harus konsisten dan konsekuen,” ungkapnya, Sabtu (27/2/2021).

Freeda beranggapan, ketika seseorang sudah merasa tak cocok berada di sebuah partai maka seharusnya ia mundur secara terhormat. Saat ini yang terjadi, kader yang merasa tak sama lagi pandangan ideologisnya, justru bergerak merusak soliditas di dalam.

“Walaupun dengan berbagai alasan yang ada, tapi seharusnya secara terhormat, bukan dengan terus membuat gaduh di tingkat nasional. Ini sebenarnya jelas di luar etika politik para anggota partai politik,” sambung dia.

Partai Demokrat DIY menurut Freeda tegas mendukung DPP Demokrat dalam menjaga soliditas dan kekompakan partai kedepan. Ia pun meminta kader hingga tingkat bawah untuk mendukung langkah serta keputusan yang diambil DPP dalam menyelamatkan keutuhan dan soliditas partai Demokrat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI