Lapak Batu Akik Bangkit Lagi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penggemar batu akik mulai menggeliat bangkit. Salah satu parameternya dari animo pengunjung lapak kaki lima pedagang dan perajin batu akik di beberapa sentra pedagang batu akik. Salah satunya di lapak kaki lima selatan Pasar Prambanan Sleman. Dari hari ke hari pengunjung semakin banyak.

Sentra pedagang batu akik tersebut berada di pinggir jalan, timur perlintasan kereta api Prambanan. Perintisnya adalah Mbah Margono (80). Dia sejak tahun 1970 sudah menekuni profesi sebagai pedagang batu akik. ”Dia yang mengawali berjualan di sini. Tadinya Cuma Mbah Margono sendiri. Kemudian ada pedagang-pedagang lain ikut menggelar dagangan di sini,” kata Dodo, pedagang sekaligus perajin batu akik.

Dodo sendiri mulai menggelar dagangan dan buka workshop kerajinan batu akik di lokasi tersebut, lima tahun silam. Dulu dia bekerja sebagai tukang kayu di sebuah perusahaan mebel. Karena merasa tertarik menekuni kerajinan batu akik, dia pun banting stir. Dia buka lapak bersama sang istri. Dodo mengerjakan pesanan batu konsumen, istrinya melayani pelanggan yang datang mencari batu, mencari cincin, mengubah ukuran cincin, atau bila ada yang ingin memoles batu agar mengkilap.

BERITA REKOMENDASI