Lapas Perempuan Bakal Dibangun di Pereng Gamping

SLEMAN (KRjogja.com) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY akan membangun Lembaga Pemasyarakatan Perempuan di Pereng Gamping. Sekarang ini masih menunggu kekancingan atau surat tanah dari Kraton Yogya karena pembangunan akan menggunakan tanah Sultan Ground (SG).

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Pramono SH MM MSi menjelaskan, sampai sekarang ini Yogya belum memiliki lembaga pemasyarakatan perempuan. Untuk itu, pihaknya mempunyai rencana membangun lembaga pemasyarakatan perempuan di atas tanah SG seluas sekitar  3 hektare di Pereng Gamping.

"Kami sudah sowan ke Sultan terkait rencana pembangunan lembaga pemasyarakatan perempuan. Kami diminta membangun di tanah SG di Pereng Gamping. Sekarang tinggal menunggu kekancingan dari Kraton, " kata Pramono saat menerima rombongan Komisi III DPR RI, Selasa (2/8/2016).

Menurutnya, selama ini nara pidana perempuan ditempatkan di Lapas Wirogunan Yogya dan menyatu dengan nara pidana lainnya. Sudah saatnya Yogya memiliki lapas perempuan.

"Kami membutuhkan anggaran Rp 104 miliar. Harapan kami komisi III dapat mendorong anggaran untuk pembangunannya, " ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan perbaikan pengamanan di Lapas Kelas II B Sleman dan Bantul. Diantaranya meninggikan tembok keliling dari 4 meter menjadi 6 meter sesuai standar dan memasang kawat silet setinggi 1 meter dari tembok keliling di Lapas Cebongan Sleman. Sedangkan di Lapas Bantul, perbaikan tembok keliling pasca gempa 2006.

"Untuk tembok di Cebongan, selama ini belum standar sehingga mudah untuk melarikan diri nara pidana. Makanya kami anggarkan untuk meninggikan tembok setinggi 6 meter agar sesuai standar, " katanya. (Sni)

 

BERITA REKOMENDASI