Lenggang Kencana Juara di Banyumili

PERKUTUT bernama Lenggang Kencana milik Gunawan asal Magelang berhasil menjadi juara I Liga Perkutut Prabukusumo Jogjakarta (LPPJ) putaran VI di Lapangan Banyumili Sleman, Minggu (31/7/2016). Pada kelas yang sama, perkutut Ali Baba milik Benny K (Sleman) juara II dan Pak Raden milik Kamsio (Gunungkidul) juara ketiga.

Antusias kung mania dari DIY dan Jawa Tengah mengikuti liga ini cukup tinggi, terlebih di Kelas Piyik bisa penuh dua blok. Total perkutut kualitas lomba yang dilagakan tak kurang dari 125 ekor. Selain kung mania senior, tak sedikit juga kung mania pemula antusias mengikuti laga ini terutama membawa perkutut Kelas Piyik.

Kung mania asal Kulonprogo, Murwidadi menjelaskan, ia sendiri biasa melagakan perkutut yang sudah biasa diikutkan lomba. Jika sudah biasa diikutkan lomba dapat masuk Kelas Dewasa Yunior maupun Senior. Mental lomba perkutut diharapkan bisa terjaga dengan rutin diikutkan latihan bersama sampai lomba. Lain halnya dengan yang masih awal-awal ikut lomba dan burung belum gacor, biasa didaftarkan di Kelas Piyik.

“Meski ini sifatnya bukan lomba tingkat nasional, kung mania dari luar DIY banyak juga yang antusias mengikuti lomba ini. Bahkan yang masih pemula juga banyak, Kelas Piyik biasa dua blok sering penuh pesertanya,” ungkap Murwidadi.

Kungmania asal Bantul, Alfata Aji Saputra juga sependapat dengan Murwidadi, konkurs rutin seperti ini berdampak positif bagi mental-mental perkutut kualitas lomba. Gairah bidang ini pun juga kian terjaga, bahkan semakin banyak warga tertarik memiliki perkutut. Bisa berawal dari senang memelihara, berusaha bisa menangkarkan lalu rutin juga melombakan. Agar percaya diri ikut lomba, tak jarang diawali dengan mengikuti latihan bersama dahulu. Apalagi pengurus Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Kabupaten/Kota ada jadwal rutin latihan bersama.

“Mengikutkan perkutut di even latihan maupun lomba termasuk melatih dan menjaga mental perkutut. Ketika bertemu dengan rekan-rekan kung mania ada kebahagian tersendiri. Seumpama ada perkutut yang juara dan bisa membawa pulang piala ada kebanggaan tersendiri,” jelasnya.

Adapun tim yuri yang bertugas terdiri dari Muslih dan Chong  (Solo),  Jito, Mulyono, Triyono, Untoro, Jati, Agung (DIY). Hasil kejuaraan  Kelas Dewasa Yunior, juara I sampai III, yakni Gading- H Zulman/ Arif (Kebumen), Bergoyang – Khairudin (Sleman) dan Excellent-A going (Yogya). Sedangak juara I dan II  Kelas Piyik, yaitu Sinar Kota – Toni (Yogya) dan Pataya – Abin/Sugi (Sleman). (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI