Lereng Merapi Disapu Angin Kencang, Banyak Pohon Tumbang

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Rumah warga di lereng Gunung Merapi rusak akibat tertimpa pohon, Sabtu (27/1), dini hari. Tepatnya di Dusun Singlar RT 2 RW 13 Glagaharjo Cangkringan Sleman, rumah milik Sukimin rusak ringan karena tertimpa Pohon Jengkol.
 
Masih di Kecamatan Cangkringan, disaat yang bersamaan juga terpantau pohon tumbang setidaknya di empat titik. Di Dusun Srunen Desa Glagaharjo, sebuah Pohon Senu berdiameter 15 cm tumbang menutup akses jalan. Di Dusun Kalitengah Kidul Desa Glagaharjo, empat pohon tumbang di empat titik yang bedekatan. 

Selain melintang di jalan pohon tersebut juga memutus jaringan lampu penerangan jalan. Di lokasi yang sama Pohon Akasian dan Pohon Mindi juga tumbang melintangi jalan. Di Dusun Manggong Lama Desa Kepuharjo, sebuah Pohon Sengon tumbang melintang dijalan.

Total ada sepuluh lokasi di enam kecamatan yang terdampak angin kencang tersebut. Selain di lereng Gunung Merapi, angin kencang juga berdampak pohon tumbang di Dusun Kencuran Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik. Sebuah Pohon Melinjo tumbang melintang dijalan. Dua pohon tumbang di Dusun Sanggrahan Wedomartani Ngemplak.

"Pohon tumbang juga terpantau di Dusun Salakan Desa Selomartani Kalasan. Dimana sebuah Pohon Jati tumbang melintang dijalan dan memutus kabel penerangan jalan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan.

Area SD Tarakanita Tritis Purwobinangun Pakem juga terpantau ada pohon tumbang. Di Kecamatan Turi tepatnya Dusun Tunggularum Desa Wonokerto, sebuah Pohon Sengon tumbang melintang dijalan. (Awh)

BERITA REKOMENDASI