Liburan, Ada Festival Gunungan di Prambanan

SLEMAN, KRJOGJA.com – PT Taman Wisata Candi Prambanan kembali menghadirkan pen galaman baru kepada wisatawan, berupa Festival Gunungan di lapangan Garuda Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 sampai 31 Desember 2019 tersebu,t dibuka General Manager PT TWC Unit Candi Prambanan Aryono Hendro Malyanto didampingi Heru Mataya selaku Ketua Penyelenggara.

Kegiatan Festival Gunungan tersebut menurut Aryono kepada media, guna menghadirkan suasana serta pengalaman kepada wisatawan dalam menikmati candi Prambanan. Hal tadi karena keberadaan candi Prambanan bisa digunakan sebagai latar beragam aktivitas seni budaya, sekaligus atraksi yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung di Candi Prambanan.

Festival ini mwerupakan wujud pelestarian tradisi dan pertunjukan tradisional yang dikemas dengan berbagai kesenian, untuk menandai pergantian tahun di candi Prambanan. Salah satunya yang sangat menarik tampilnya penari Trilogi Gunungan yang dibawakan Ayu Kusumawardani, Dwi Souri dan Nungki Nurcahyani. Dengan lemah gemulai ketiga penari salah satunya membawakan Gunungan menari diatas panggung dengan percaya diri.

Dijelaskan oleh Dalang Nanang Garuda, Filosofi Gunungan dalam pemayangan menjadi simbol babak akhir dalam memulai suatun cerita. Festival ini diharapkan menjadi pengiring untuk babak baru ditahun yang baru pula. Demikian dijelaskan Hetty Herawati selaku Direktur Pemasaran dan Pelayanan Taman Wisata.

Ditambahkan oleh Aryono Hendra, Taman Wisata candi Prambanan kali ini, menawarkan berbagai atraksi seru dan aktivitas baru seperti Taman Analana dan Festival Gunungan, sehingga memberikan kenyamanan dan niatan pengunjung dalam masa ramai wisatawan di libur akhir tahun ini. Paparnya.(Isw)

BERITA REKOMENDASI