Literasi Digital Guru Meningkat Selama Pandemi

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Literasi digital guru atau kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) meningkat selama pandemi. Kondisi pembelajaran jarak jauh (online) telah memaksa para guru untuk belajar TIK dan menerapkannya dalam proses pembelajaran dengan siswa.

“literasi digital guru meningkat pesat. Guru sekolah jadi bisa membuat goggle form, mengelola zoom, google meeting dan lainnya,” terang Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Muda, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bahasa Kemendikbud Ristek Fajar Sukma Pratama SKom MPd dalam acara Dialog Publik ‘Pertemuan Tatap Muka Terbatas di Sekolah, Sudah Siapkah Sekolah dan Orang Tua ?’ di Kampung Lawasan Heritage Cottage, Caturtunggal Depok Sleman, Jumat (5/11/2021).

Diskusi publik diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Infomatika RI, secara hybrid (luring dan daring).

Menurut Fajar, budaya berinovasi guru-guru dalam proses pembelajaran memanfaatkan TIK perlu terus dilanjutkan, meskipun nantinya pandemi telah berakhir. P4TK Bahasa Kemendikbud Ristek jgua terus berupaya mendukung peningkatan kemampuan guru (khususnya guru bahasa), dengan meluncurkan berbagai program diklat secara daring. Misalnya program tupoksi 7 bahasa dan program seminar akademik inovasi dan kreativitas.

“Program yang kami luncurkan gratis bagi guru dan ada sertfikatnya. Tujuannya agar literasi digital guru terus meningkat,” katanya.

BERITA REKOMENDASI