LLDikti Serahkan SK ke ITNY, Prodi Baru Magister Teknik Geologi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lembaga Layanan Dikti Wilayah V Yogyakarta menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 517/E/0/2021 tertanggal 17 November 2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Magister Teknik Geologi (MTG) di kampus Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Babarsari Sleman, Senin (06/12/2021). SK diserahkan Bhimo Widyo Andoko SH MH selaku Plt Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta kepada Ir H Supatno (Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional/YPTN) dan Dr Ir Ircham MT (Rektor ITNY). Hadir dalam kesempatan jajaran rektorat, dosen dan Dr Ir Setyo Pambudi MT (Dekan Fakultas Teknologi Mineral ITNY).

Bhimo Widyo Andoko MH dalam sambutan mengatakan, antar-PTS saling berkompetisi, termasuk akreditasi, membuka prodi baru. Tentu saja setelah ada izin dari Mendikbud. “Seperti halnya ITNY saat menerima izin membuka prodi baru Magister Teknik Geologi. Kalau punya impian membuka program S3, alangkah baiknya direalisasikan dengan tahapan-tahapan yang ada. LLDikti profesional saja, sebagai fasilitator,” ujarnya.

Bhimo juga menyarankan yang sudah memenuhi persyaratan guru besar untuk mengajukan agar mendukung/mempercepat membuka program S3. “Ini Institut kan? Masak larinya kalah cepat dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi/STIE,” ujarnya.

Program S3 memang harus ditargetkan 5 tahun, 10 tahun haruslah bisa terwujud. Diingatkan Bhimo, turunnya SK prodi baru lembaga yang bersangkutan harus mengemban amanah dari pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, yakni harus mampu merawat dan mengembangkan. Apabila tidak mampu merawat dan mengenbangkan ada konsekuensi-konsekuensi logisnya bagi lembaga yang berdangkutan.

Sedangkan Ir Supatno dalam sambutan antara lain mengatakan, akhirnya prodi baru, Magister Teknik Geologi yang lama ditunggu – tunggu SK-nya turun. “Dari Yayasan, inginya ITNY suatu saat juga punya program S3 atau program doktor. Turunnya SK ini semoga menjadi trigger prodi yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITNY Dr Ircham MT mengatakan, turunnya SK prodi baru membawa atmosfir positif untuk prodi-prodi lain untuk terus maju. “Dosen ITNY sekitar 20 telah bergelar doktor. Beberapa dosen sekarang ini menyelesaikan program S3 di dalam negeri dan luar negeri,” katanya.

Maka menindaklanjuti keinginan Ketua Yayasan, ada program S3, semoga dalam waktu tidak terlalu lama bisa direalisasikan. “Asal keinginan itu dilandasi kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kami yakin, ITNY bisa maju dan sejahtera,” tandasnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI