Lomba Takbir Huntap Gondang 2, Sarana Hiburan Anak Lereng Merapi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak hanya jadi media silaturahmi saja, namun lomba takbir Idul Adha 2019 di lereng Gunung Merapi tepatnya di Huntap Gondang 2 Cangkringan Sleman, Senin (12/08/2019) petang, juga menjadi sarana hiburan bagi warga, khususnya anak-anak, remaja dan dewasa.

Pada lomba gelaran Keluarga Alumni Haji Ad Dakwah dan Multazam (Kahzam) itu, banyak diantara anak-anak dan remaja antusias mengikuti lomba takbir mengelilingi dusun-dusun sejauh kurang lebih 2 km. Untuk hadiahnya, juara umum mendapatkan piala bergilir Bupati Sleman.

"Sebenarnya, kegiatan ini adalah bagian dari tugas dan kewajiban kami sebagai seorang haji. Dulu awalnya kami membantu membangun masjid di Huntap Gondang 2 pasca erupsi Merapi 2010 silam," ungkap Ketua Kahzam Prof Dr H Sudibyo disela kegiatan.

Usai pembangunan masjid yang menghabiskan Rp 700an juta, Kahzam terus berupaya mengangkat perekonomian warga sekitar. Salah satunya dengan membantu penanaman pohon. Hasilnya bisa dijual kepada anggota Kahzam atau dibantu untuk pemasarannya.

Sekretaris Kahzam, H Jaya Suryadi menambahkan, pihaknya selain rutin mengadakan pengajian juga terus melakukan pendampingan pada warga Huntap Gondang 2. Tak heran jika 2017 hingga tahun ini rutin digelar Pengajian Akbar dan Lomba Takbir sebagai media silaturahmi Kahzam dengan warga di lereng Merapi tersebut.

"Istilahnya lomba ini jadi hiburan warga disini. Karena diikuti 25 peserta se-Kecamatan Cangkringan. Disamping itu, Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi juga hadir dan melakukan penanaman pohon kelengkeng di sekitar sini. Tujuannya, hasil buah nanti bisa dijual, sehingga bisa membantu perekonomian warga," jelasnya.

Pada kegiatan ini Bupati Sleman bersama peserta lomba takbir ikut salat magrib berjamaah makan bersama daging kurban dan diakhiri dengan pengajian akbar. (Adk)

BERITA REKOMENDASI