LPK PSA Siap Kirim Tenaga Perawat Sosial ke Jepang

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Puspa Setya Abadi (PSA) akan mendidik calon tenaga perawat sosial profesional yang siap dikirim ke luar negari. Bahkan sekarang ini LPK PSA ini telah melakukan MoU atau kerja sama dengan Kobato Coorperative selaku yayasan yang bergerak pada pelayanan rumah lansia di Jepang.

Direktur LPK PSA Anggun Resti Aditiyan SE menjelaskan, LPK PSA ini didirikan oleh Dr Ir H Wahyu Purwanto MSIE tahun 2019 yang bergerak di bidang pelatihan dan pengiriman tenaga kerja di luar negeri. Dimana pendiri LPK PSA ini merupakan alumni lulusan doktoral di Ehime University Japan dan berhasil meraih gelar doktor selama 3 tahun.

“Selama di Jepang, Pak Wahyu melihat banyak peluang lapangan pekerjaan. Peluang ini menjadi celah bagi calon tenaga kerja di Indonesia apabila dimanfaatkan dengan baik,” kata Anggun di sela-sela menerima visitasi dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Jumat (7/8) di Perumahan Citra Grand Mutiara.

Menurutnya, di Jepang itu banyak lansia yang hidup mandiri. Bahkan tak sedikit para lansia di Jepang lebih memilih hidup di rumah lansia. Dengan kondisi itu, Jepang banyak membutukan tenaga kerja perawat sosial.

“Peluang inilah yang ditangkap Pak Wahyu. Beliau ingin memberikan peluang dan kesempatan untuk menjadi tenaga perawat sosial di Jepang,” tuturnya.

Pengalaman menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi, pendiri LPK PSA mampu menjaring kerja sama dengan banyak perusahaan di Jepang. Bahkan pada akhir 2019 lalu, LPK PSA telah berkunjung ke beberapa perusahaan di Jepang.

“Dari kunjungan itu, kami juga telah melakukan kerja sama dengan Kobato Coorperative selaku yayasan yang bergerak pada pelayanan rumah lansia di Jepang. Jadi nanti tenaga kerja yang akan kami kirim itu langsung ditempatkan di Yayasan Kobato, tanpa melalui perantara,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI