M Eksan, Dulu Dinego Sekarang Pimpin Negosiasi Pemain PSS

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Asistem manajer PSS, M Eksan punya cerita seru dalam perjalanan hidupnya menjadi bagian Super Elang Jawa. Eksan kini didaulat sebagai juru runding untuk mempertahankan skuad pemain menyambut gelaran Piala Menpora dan cikal bakal liga tahun 2021.

Dua musim ini Eksan menjabat sebagai asisten manajer PSS. Di momentum awal tahun 2021 ini, ia didaulat berembug dengan penggawa lama untuk kembali berseragam Elang Jawa di turnamen pramusim Piala Menpora pada 20 Maret – 25 April 2021 mendatang.

Hal tersebut menarik, karena pada medio 2000 hingga 2010, Eksan menjadi bagian PSS sebagai pemain, meski terpotong beberapa tahun bermain di PSIM dan Persiba Bantul. Eksan sendiri merupakan legenda hidup PSS, karena ia jadi bagian tim penghantar ke Divisi Utama (setara Liga 1) setelah berjuang dari Divisi II.

Eksan kini harus berada di posisi berbeda, dibandingkan saat bermain dulu. Saat itu ia dinegosisasi oleh manajemen, namun kini ia berganti posisi menegosiasi para pemain PSS.

Tidak main-main, PT PSS hanya memberikan dua hari untuk berembug dengan para pemain. Alhasil, semua berjalan lancar dan ternyata Eksan bisa menyelesaikan tugasnya.

“Alhamdulillah saya dikasih waktu dua hari untuk negosiasi, bisa lancar semua dan oke.
Pada intinya pemain mengerti kondisi klub saat ini, karena masih masa pandemi. Cuma, ada beberapa aja sih yang menanyakan DP dan jadwal kapan latihan,” ungkapnya, Sabtu (27/02/2021).

Pengalamannya sebagai pemain ternyata membawa manfaat saat berbincang dengan penggawa PSS saat ini. Ia bisa menyelami lebih dalam, bagaimana situasi yang dihadapi para pemain saat ini dan mencari jalan keluar terbaik bersama.

“Kami berbincang, saya dengan pemain, bawasanya saat ini kondisi belum menentu dengan adanya pandemi. Saya berpesan, agar pemain bisa mengatur keuangan. Benar bahwa sepakbola penghasilannya besar, tapi harus ingat di sepakbola tidak selamanya bisa main, ada waktunya,” sambung pria yang dulu berposisi striker ini.

Tak hanya itu, Eksan juga memberikan wejangan pada para pemain PSS, agar bisa mengatur keuangan dengan baik. Eksan yang kini bekerja di PDAM Sleman pun berharap para pemain bisa berinvestasi untuk tabungan jangka panjang setelah tak bermain.

“Pesepakbola kadang bisa cidera, maka dari masih muda harus bisa mengatur uang. Jangan sampai foya-foya, uang sebulan gaji jangan langsung habis semua. Harus bisa investasi misalnya ke rumah, kost, atau tanah juga lebih baik,” lanjut dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI