Macan Tutul Turun Gunung, Terkait Aktivitas Merapi?

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jejak hewan diduga macan tutul ditemukan di jalur evakuasi Suruh-Singlar, Dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Jejak hewan terlihat cukup jelas di permukaan cor beton jalur evakuasi.

Menurut Koptu Eko, jejak satwa yang diduga macan tutul di jalur evakuasi Suruh-Singlar, dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman ini tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Merapi yang saat berada dalam status siaga level tiga. Koptu Eko mengungkapkan, di wilayah ini memang menjadi area perlintasan satwa tersebut.

“Bukan karena aktivitas Merapi naik terus hewan dari atas turun. Hal itu tidak benar,” tandas Koptu Eko.
Selama ini warga sekitar juga tidak merasa terganggu. Begitu juga sebaluknya, satwa juga tidak terganggu. Sejauh ini juga tidak ada laporan hewan ternak yang dimangsa.

Terpisah Tokoh Masyarakat Glagaharjo, Suroto menambahkan, selain jejak kaki, ada pekerja proyek jalur evakuasi melihat dua ekor macam tutul yaitu besar dan kecil. Diduga macam tutul itu merupakan macam tutul yang satu tahun lalu pernah dilihat warga.

“Satu tahun lalu, saya pernah mendapat laporan dari warga yang melihat macam tutul di dusun itu. Waktu itu, saya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas mencari tapi tidak ketemu. Kemungkinan sekarang muncul lagi dan di sekitar dusun itu juga,” kata Suroto yang merupakan mantan Lurah Glagaharjo.

BERITA REKOMENDASI