Mahasiswa UMBY Diajak Tekuni Psikologi Forensik

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Senin (21/5/2018) menggelar seminar dengan tema Kajian Perkembangan dan Kompetensi di Auditorium kampus Condongcatur Depok Sleman. Menghadirkan pembicara Drs. Arif Nurcahyo, Msi, pakar psikologi forensik, mahasiswa UMBY diajak menyelami lebih dalam tentang salah satu cabang ilmu dalam psikologi tersebut. 

Arif Nurcahyo menyampaikan saat ini tindak kejahatan tak lagi dilakukan dengan cara-cara konvensional dan alasan-alasan yang biasa. Orang dewasa hingga anak-anak, laki-laki dan perempuan bisa menjadi para pelaku atau korban yang tentu saja memiliki latarbelakang aspek psikologis. 

“Di sinilah ilmu psikologi menjadi penting untuk ikut ambil bagian dan berkontribusi dalam menangani masalah-masalah hukum. Psikologi Forensik mungkin jadi ilmu baru di Indonesia, tapi berkembang pesat dan populer,” ungkapnya. 

Dalam Psikologi Forensik, Arif juga mengatakan bahwa job desk para psikolog sangat menarik karena mulai diikutkan dalam tahapan penyelidikan, penyidikan, pengadilan hingga sampai turun ke lapas untuk mendampingi para terpidana. “Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu penanganan sebuah kasus kejahatan, semoga semakin banyak mahasiswa psikologi yang tertarik dan mendalami ilmu ini,” sambungnya. 

Dekan Psikologi UMBY, Dr. Kamsih Astuti, Msi berharap mahasiswanya memiliki pandangan baru terkait ranah ilmu psikologi. Menurut Kamsih, tidak ada ilmu yang dapat berdiri sendiri termasuk psikologi. 

“Kami berharap melalui seminar psikologi forensik ini, mahasiswa punya wawasan baru bahwa sebagai psikolog masa depan harus juga belajar dari tindak kriminal. Jika tidak mampu menghentikan hujan, sudah menjadi kewajiban seorang psikolog untuk menciptakan paying-payung kecil disekitarnya,” ungkapnya. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI