Mahfud MD : Idul Fitri Kembalikan Kerukunan NKRI

SLEMAN,KRJOGJA.com – Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD mengatakan Hari Raya Idul Fitri sejatinya kembali Fitrah. Fitrah terhadap manusia maupun kepada Negara sehingga rekonsiliasi Pemilu itu menjadi sangat penting, untuk memberi makna idul fitri dalam konteks lahirnya NKRI.

" Arti Idul Fitri adalah kembali ke keaslian diri, kembali ke kesejatian diri, kembali fitrah. kalau manusia artinya kembali ke kesucian hati, kebersihan hati, keikhlasan, sebagai manusia hamba Tuhan," kata Mahfud MD ketika ditemui wartawan dikediamannya Sambilegi. Selasa ( 04/06/19). 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjelaskan jka ditarik persamaannya dengan idul fitri Negara, adalah bersatuan di dalam keberbedaan suku, agama, budaya yang bersatu mengusir penjajah untuk mendirikan Indonesia.

" Sehingga rekonsiliasi itu menjadi sangat penting, untuk memberi makna Idul Fitri dalam konteks lahirnya NKRI, bukan hanya dalam konteks lahirnya setiap manusia, tapi kembali ke prinsip kebersatuan dalam keberagaman," tambahnya.

Untuk kondisi saat ini dalam konteks politik, lanjut Mahfud, tampak adanya konflik politik. Sehingga momen Idul Fitri ini diharapkan segenap elemen bangsa bisa bersatu kembali. Pun meminta untuk segenap elemen bangsa untuk memanfaatkan momen ini sebagai proses pengembalian kesatuan RI kepada fitrahNYA. ( ive)
 

BERITA REKOMENDASI