Mahfud MD : Pemilu 2019 Gelaran Terbaik

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prof Dr Mahfud Md mengatakan pemilu 2019 merupakan gelaran domokrasi terbaik jika dilihat dari sudut instrumen. Pasalnya semua bisa kontrol pemilu dari bawah ke atas, dari awal sampai akhir.

"Pemilu terberat iya, tapi kalau mengatakan pemilu terburuk sepanjang sejarah, menurut saya itu berlebihan dan mengada-ada," kata Mahfud kepada wartawan di Hotel Sheraton Yogyakarta, Sabtu (29/06/2019).

Menurut Mahfud, KPU bukan lembaga pemerintah, dan setiap apa yang dilakukan sebelum gelaran demokrasi, sebelumnya sudah dibicarakan dengan para pasangan calon (paslon). 

"Dulu KPU pernah dihujat, karena membuat kurikulum atau rambu-rambu untuk silabus debat capres, itu bukan KPU, ternyata yang mengusulkan yang menghujat, ada suratnya, agar tidak menyinggung, tapi KPU yang dihujat," jelasnya.

Melihat di media mainstream atau medsos, netizen masih ada saja yang membully KPU, Mereka marah lantaran yang diharapkan tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Akibatnya banyak medsos yang tak jelas, followernya sedikit untuk menyerang KPU.

"Tak ada pengaruhnya, lebih baik menatap ke depan, mari bangsa bersatu lagi, karena Pemilu itu adalah untuk memimpin pemimpin yang harus ditaati dan didukung bersama," ucap Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menambahkan Kalau sudah memilih lalu ternyata kalah, hal yang harus dilakukan adalah menerima dan ikuti yang menang karena itulah konstitusi. 

"Tak ada jalan untuk menyatakan karena tak pilih paslon ini maka saya tak akan taat, itu bisa ditangkap, melanggar hukum," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI