Marching Band UPNVY Raih 2nd Place Winner pada Kejuaraan Dunia

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN. KRJOGJA.com – Marching Band UPN  “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil meraih 2nd Place Winner World Class Soundsport dengan perolehan nilai 93.92 dalam ajang Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) 2018 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 16 – 18 November 2018. 

Pada kelas soundsport Marching Band UPNVY harus melawan 10 peserta dari seluruh Indonesia. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Marching Band UPNVY setelah hampir empat tahun tidak pernah mengikuti kejuaraan serupa dengan team yang lengkap.

“Ajang lomba ini berskala nasional dan bertaraf internasional. Lomba kali ini dewan jurinya berasal dari Amerika. Kami membawa seluruh team lengkap.” Kata Alawiyah, General Manager Marching Band UPNVY, Rabu (28/11/2018).

Alawiyah mengatakan pada perlombaan ini Marching Band UPNVY membawa 57 pemain  soundsport dan drum corps, terdiri dari 26 pemain brass, 10 pemain colourguard, 17 pemain  perkusi dan 4 pemain tambahan. Selain itu juga membawa 14 pemain drum battle, 10 pelatih, dan 20 official. Persiapan dilakukan selama 10 bulan.

“Kami melakukan latihan yang diisi dengan latihan display, music, visual maupun latihan fisik yang dijalani oleh pemain selama kurang lebih 10 bulan lamanya, akhirnya semua pemain berhasil melewati proses yang ada.” Tutur Alawiyah.

Pada ajang ini Marching Band UPNVY membawakan tema “The Union of Soul” untuk mata lomba Drumcorps dan Soundsport. Tema ini menceritakan tentang penari Indonesia di Jepang yang kagum keindahan dan kebudayaan Jepang. Namun ditengah masa studi, ia merindukan tanah air, dan akhirnya sang penari menciptakan kolaborasi tari antara budaya Jepang dengan Indonesia yaitu adat Minang dan Bali. 

Kebanggaan Marching Band UPNVY semakin lengkap saat diumumkan menempati posisi 4th Place Winner Open Class Drum Corps oleh dewan juri dengan perolehan nilai 78.75. Pada ajang ini Marching Band UPNVY mengikuti empat mata lomba yang dipertanidngkan yaitu soundsport, drum corps dan drum battle. (MG 19)

BERITA REKOMENDASI