Masa Pandemi BRI Cabang Sleman Mampu Himpun Dana Mikro Rp 2 T

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi animo masyarakat untuk menyimpan dananya di bank, khususnya BRI Kantor Cabang Sleman. Dalam kurun waktu sampai bulan ini, BRI Cabang Sleman mampu menghimpun dana masyarakat khusus mikro sebesar Rp 2 triliun. Bahkan, dari Desember 2020 hingga Mei 2021 nasabah tabungan Simpedes di bank tersebut bertambah 30 ribu rekening.

Hal itu diungkapkan Pemimpin Cabang (Pimca) BRI Sleman Yuwanda Rahman, pada Panen Hadiah Simpedes (PHS) Periode 2 2020 di Resto Puri Mataram Sleman, Rabu (16/06/2021). Pada pengundian itu, Basuki nasabah BRI Unit Godean II beruntung memenangkan hadiah grand prize mobil Honda Mobillio tipe S.

Sebelumnya, juga telah diundi pemenang 1 unit sepeda motor Yamaha Vixion, 3 Unit motor Yamaha Lexi dan 24 unit motor Yamaha Mio M3. Acara itu juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube dan Instagram.

Lebih lanjut Pimca BRI Sleman menjelaskan, dana yang dihimpun itu disalurkan dalam bentuk kredit kepada debitur Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini BRI merupakan bank terbesar penyalur pinjaman kepada UMKM dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sehingga dengan menyimpan dananya di BRI membantu mengembangkan UMKM. Efek positifnya, bila UMKM berkembang perputaran roda perekonomian juga semakin laju. “Dengan meningkatkan saldo tabungan, nasabah juga turut membantu UMKM,” jelas Yuwanda.

Namun, Yuwanda juga mewanti-wanti kepada para debitur UMKM agar hati-hati dalam memanfaatkan pinjaman KUR dari BRI. Walaupun bunga pinjamannya murah karena disubsidi pemerintah, debitur tetap berkewajiban mengangsur tepat waktu sesuai kesepakatan. Untuk itu pinjaman KUR hendaknya digunakan untuk menjalankan usaha produktif, agar terus berputar.

Yuwanda menambahkan, meski dalam suasana pandemi tetap berupaya menyelenggaran pengundian PHS dengan protokol kesehatan ketat, sebagai wujud rasa syukur sekaligus penghargaan kepada nasabah setia Bank BRI. Harapannya, agar para pemenang undian PHS bisa ‘getok tular’ (menceritakan) kepada para saudara, kerabat maupun tetangga mereka.

Dengan begitu, masyarakat yang belum menjadi nasabah bersedia menyimpan dananya di BRI. “Setelah melihat hadiahnya, orang yang tadinya apatis jadi mau membuka rekening di BRI,” tambahnya. (Ben)

BERITA REKOMENDASI