Masih Ada Masjid Selenggarakan Salat Id

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masih ada sejumlah masjid di Kabupaten Sleman menyelenggarakan salat Id, Selasa (20/07/2021). Namun untuk jamaah salat Id hanya internal atau warga sekitar masjid sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19.

Kepala Kantor Kemanterian Agama Kabupaten Sleman Sidik Pramono SAg MSi mengatakan, berdasarkan pemantauan kemarin, kegiatan salat Id di lapangan sudah tidak ada. Namun untuk beberapa masih ada yang menyelenggarakan salat Id.

“Untuk masjid yang menyelenggarakan salat Id memang masih ada. Tapi untuk jumlahnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan jumlah masjid di Kabupaten Sleman,” kata Sidik.

Dikatakan, masyarakat sekarang sudah paham tentang penyebaran covid-19 di Kabupaten Sleman yang masih tinggi. Dengan kondisi seperti saat ini, masjid yang menyelenggarakan salat Id tidak untuk masyarakat umum.

“Pelaksanaan salat Id hanya untuk internal jamaah masjid atau warga sekitar saja. Sehingga sudah diketahui jamaah yang ikut salat Id. Bahkan masyarakat yang menyelenggarakan salat Id itu mengetahui kondisi lingkungannya hijau,” terangnya.

Untuk kegiatan malam takbiran, lebih banyak masjid-masjid tidak mengadakan takbiran. Hal itu terlihat tidak banyak terdengar suara takbir dari beberapa masjid. Jika ada takbiran, peserta hanya terbatas.

“Biasanya sudah saling sahut-suhatan suara takbir. Tapi semalam tidak begitu banyak. Kalau pun ada, peserta takbiran di masjid hanya 4-6 orang saja sehingga tidak terjadi kerumunan,” tuturnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI