Masjid Plosokuning Jadi Sorotan Karena Tetap Gelar Salat Tarawih Berjamaah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebuah akun sosial media di laman Instagram Natgeointhefield mengunggah aktivitas jamaah saat mengikuti Tarawih di Masjid Pathok Negara Plosokuning Sleman, Sabtu (25/04/2020). Muncul berbagai komentar yang sebagian besar menyayangkan adanya kegiatan tersebut termasuk tak mengindahkan imbauan pemerintah untuk melaksanakan ibadah di rumah saja.

Unggahan tersebut mendapat lebih dari 10 ribu likes dan 100 komentar meski baru diunggah 3 jam saja. Hampir semua menyayangkan sikap masyarakat yang tak mengindahkan imbauan untuk melaksanakan ibadah di rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

Hal tersebut mendapatkan tanggapan dari takmir Masjid Pathok Negara Plosokuning, Kamal Purnomo. Menurut Kamal, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan tarawoh berjamaah yang seturut rencana dilaksanakan setiap hari selama Bulan Ramadhan.

“Kami wajibkan jamaah mencuci tangan, jaga jarak dan semprot masjid setiap hari. Kami laksakanan (tarawih berjamaah) seperti biasa,” ungkapnya ketika dikonfirmasi KRJOGJA.com, Sabtu (25/04/2020).

Kamal menyampaikan pihaknya bersama jamaah tetap istiqomah usaha lahir batin untuk tetap bisa beribadah di masjid. “Jalan yang kami tempuh ini juga ditempuh oleh kampung-kampung muslim lainnya,” tukas Kamal.

Di Kabupaten Sleman sendiri tercatat sampai saat ini sudah ada 38 kasus positif (16 masih dirawat sisanya sembuh) Covid-19 yang juga jadi terbanyak dari seluruh kabupaten/kota DIY. Namun DIY belum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga Pemda belum menerapkan pelarangan dan hanya bisa melakukan upaya himbauan persuasif. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI