Masyarakat Diminta Hati-Hati Berkegiatan di Dekat Saluran Listrik

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman mengadakan sosialisasi Manfaat dan Bahaya Listrik bagi masyarakat, Rabu (5/8), bertempat di Ruang Sembada Setda kabupaten Sleman. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Sleman dengan bekerjasama dengan PLN Unit Pelaksana Transmisi Salatiga dan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Suyono, SH., M.Hum. Menurut Suyono listrik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Bahkan, lanjutnya, hampir semua kegiatan masyarakat di era modern seperti saat ini bergantung dengan adanya listrik. Namun begitu, menurutnya listrik juga bisa mendatangkan bahaya jika kita tidak berhati-hati. “Maka masyarakat juga harus diedukasi tentang bahaya listrik ini”, ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Abdul Rahman Budi Setyo selaku manajer PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Yogyakarta. Menurutnya listrik memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, seperti untuk kegiatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. Namun, arus listrik yang menjadi hajat orang banyak ini sering kali mengalami gangguan yang dikarenakan oleh ulah masyarakat sendiri.

“Gangguan listrik itu 70 persen dikarenakan faktor sosial, dan hanya 30 persen yang disebabkan oleh faktor peralatan”, jelas Abdul.

BERITA REKOMENDASI