Masyarakat Diminta Waspadai Politik Uang

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta mewaspadai politik uang dan barang menjelang pencoblosan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di Desa Sidokarto Godean dan Pakembinangun Pakem Sleman, Minggu (10/12/2017). Jika ada yang menemukan hal tersebut, masyarakat diminta melapor.

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas PMD Sleman, Lasiman SSos menjelaskan semua calon sebelumnya sudah melakukan ikrar akan menjaga kondusivitas wilayah dan tidak melakukan politik uang maupun barang. Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat ikut mengawasi.

"Politik uang dan barang tidak boleh lagi terjadi. Masyarakat harus ikut mengawasi dan mewaspadai kedua hal tersebut, terutama menjelang pencoblosan. Kalau ada, silakan laporkan," jelas Lasiman.

Untuk pelaksanaan pencoblosan sendiri akan dilaksanakan Minggu (10/12) mulai pukul 08.00 hingga 13.00. Penghitungan surat suara akan dimulai pukul 14.00.

Desa Sidokarto ada dua calon yaitu H Istiyarto Agus Sutaryo SE dan Andhika Permana Putra. Sedangkan untuk Desa Pakembinangun ada 5 calon yaitu Gandung Harmoko SPt, Suranto, Drs H Kusnanto, L Suparyono SE dan Agus Nur Rochmad ST MT.

Jumlah pemilih di Sidokarto sebanyak 8.614 orang dan Pakembinangun 4.563 orang. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Sidokarto sebanyak 17 lokasi dan Pakembinangun 12 lokasi.

"Kami imbau kepada masyarakat yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak suaranya. Masyarakat diminta untuk dapat menjaga kondusivitas wilayahnya. Jangan sampai gara-gara pilkades, kerukunan yang selama ini terjalin menjadi pecah," imbaunya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI