Mau Tahu Jajan Pasar? Kunjungi Traditional Food Festival di JCM

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN(KRjogja.com) – Ingin menjajal aneka macam olahan makanan tradisional khas Yogyakarta? Mungkin akhir pekan ini Sabtu-Minggu (3-4/12/2016) kamu bisa menuju Jogja City Mall (JCM) dan mengunjungi event Traditional Food Festival yang digagas Dinas Pariwisata DIY.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanto dalam pembukaan Sabtu (3/12/2016) mengatakan event tersebut diselenggarakan untuk mendekatkan makanan dan minuman tradisional pada masyarakat Yogyakarta. Menurut dia, pemilihan lokasi mall sebagai tempat penyelenggaraan lomba memasak makanan tradisional dimaksudkan untuk menjaring lebih banyak segmentasi masyarakat.

"Mall sekarang salah satu pusat berkumpulnya masyarakat dari berbagai kalangan di Yogyakarta ada anak muda, orang dewasa, keluarga bahkan anak-anak yang datang. Kami sengaja buat acara Traditional Food Festival di JCM agar semakin banyak yang bisa merasakan makanan dan minuman tradisional, agar bisa diapresiasi lebih baik dan tetap lestari," ungkapnya.

Kuliner, menurut Aris sangat penting untuk mendukung pariwisata di wilayah DIY. "Kami apresiasi acara ini karena sampai sekarang kuliner Yogyakarta menjadi primadona untuk wisatawan dan Insyaallah akan diselenggarakan rutin setiap tahun," imbuhnya.

Benar saja, berbagai olahan mulai dari makanan berat, jajan pasar hingga minuman tradisional seperti ronde yang diramu sendiri oleh para peserta. "Mereka bisa mengubah sendiri sesuai kreasi masing-masing, kami bebaskan asal tetap tradisional," lanjutnya lagi.

Sementara Widuri, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan tak kurang 40 tim ikut serta dalam lomba memasak makanan tradisional ini. "Ternyata kebanyakan merupakan anak-anak muda yang punya minat melestarikan masakan tradisional," ungkapnya.

Menurut Widuri, pengunjung mall bisa menikmati olahan makanan dan minuman yang langsung di masak oleh peserta yang memang mengikuti perlombaan. "Nanti bisa dinikmati langsung dan gratis, setelah dilakukan penjurian," imbuhnya.

Minggu (4/12/2016) besok rangkaian acara lain masih akan dilaksanakan diantaranya penampilan Tari Tradisional dan Band dari Jasmine Akustik. "Pemenang juga akan kita umumkan besok," pungkas Widuri. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI