Media Massa Harus Beradaptasi dengan Teknologi Digital

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pesatnya perkembangan teknologi yang tidak dapat diprediksi pada saat ini membuat industri media massa mau tidak mau harus bertransformasi dan terus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, saat membuka pelatihan ‘Digital Media Reporter’ bagi jurnalis dan Humas di Sleman di Hotel Grand Keisha, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, agar media massa menciptakan publikasi berita dan informasi yang memenuhi standar, sesuai dengan kaidah dan etika jurnalistik serta keamanan informasi digital, maka perlu peningkatan sumber daya manusia (SDM), baik jurnalis media maupun pengawai kehumanan. Diantaranya keterampilan digital.

“Untuk mewujudkan keberhasilan penyampaian informasi atau berita yang benar serta sesuai dengan kaidah jurnalistik, reporter dan humas harus terus diberikan kesempatan dan ruang untuk meningkatkan serta mengasah keterampilan dengan pelatihan,” kata Danang.

Hal lain yang harus menjadi perhatian yakni peningkatan kemampuan literasi masyarakat dalam bermedia sosial. Ini penting, sebab dengan keterbatasan literasi media sosial, banyak masyarakat yang terjebak pada penyebaran berita hoax.

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta Zulkarnaen mengatakan selain memberikan kesempatan bagi reporter dan humas dalam meningkatan keterampilan digital, pelatihan ini juga untuk mengembangkan talenta-talenta digital.
Ada pun jumlah peserta pelatihan yang terlibat sebanyak 60 orang. Mereka telah melaksanakan pelatigan selama 10 hari yaitu 7 hari secara daring dan 3 hari secara luring.

Materi pelatihan dalam kegiatan ini mencakupi sembilan unit kompetensi mulai dari kompetensi mengumpulkan data dan informasi bahan berita dengan menggunakan digital tools sampai dengan kompetensi menerapkan sistem keamanan informasi digital. Selain itu ada materi fotografi dan foto jurnalistik serta videografi. (Cdr)

BERITA REKOMENDASI