Memacu Adrenalin! Melihat Guguran Lava Pijar Menggunakan Jip

SLEMAN, KRJOGJA.com – Adanya guguran lava pijar dari Gunung Merapi membuat ketertarikan bagi beberapa orang. Melihat peluang ini, pengelola jip Merapi menyediakan ‘trip’ khusus untuk melihat guguran lava pijar Gunung Merapi. Namun tentunya dilakukan dari jarak aman sesuai rekomendasi Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Menurut Ketua Asosiasi Jip Sisi Barat Dardiri, ketertarikan khusus untuk melihat dan mengabadikan momen guguran lava pijat biasanya datang dari kalangan anak muda. ‘Trip’ khusus ini disediakan saat hari terang. Agar bisa melihat lava pijar, sekali trip membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. “Tarif yang dipatok sekitar Rp 600.000 untuk satu jip. Akan disiapkan makanan juga. Namun saat ini masih sepi,” ujar Daldiri, Selasa (19/1/2021).

Dengan status Gunung Merapi Siaga Level III, Dardiri minta agar para sopir jip tetap mengambil spot yang ada di zona aman. Dalam trip khusus ini, guguran lava pijar bisa dilihat dari 3 spot. “Bisa dilihat dari Batu Alien, parkir Ngrangkah, dan Gardu Pandang. Semua titik ini lokasinya masih berada di luar jarak bahaya yakni lebih dari 5 kilometer dari puncak Merapi,” kata Dardiri.

BERITA REKOMENDASI