Mendikbud Buka Festival Seni Internasional

SLEMAN (KRjogja.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendi bersama Bupati Sleman Sri Purnomo secara resmi membuka gelaran Festival Seni Internasional (FSI) 2016 di Halaman P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta Senin (21/11/2016). 

Festival bertema Seni Hari Ini Budaya Masa Depan tersebut merupakan ruang apresiasi bagi guru-guru seni dari berbagai daerah di Indonesia dan seniman-seniman muda dari 14 negara yang diundang berpartisipasi. Pembukaan yang berlangsung cukup meriah dimulai dengan tarian Colour of Butterfly yang mengkombinasikan gerak dan kostum tari modern dengan aransemen gamelan asli Indonesia.

Mendikbud menyampaikan ucapan terimakasihnya atas terselenggaranya FSI 2016 ini yang dinilai bisa membangkitkan semangat berkesenian anak-anak bangsa. Menurut dia, selama ini sisi kesenian sering dilupakan oleh pemegang kebijakan yang ternyata memiliki kegunaan besar bagi keseimbangan kognisi generasi bangsa.

"Pemerintah sangat mengapresiasi FSI 2016 ini dan semoga bisa memberikan makna tersendiri bagi generasi selanjutnya di Indonesia. Kami berharap pendidikan semakin menjangkau berbagai sisi kehidupan baik otak kanan maupun otak kiri, di mana salah satunya melalui seni," ungkapnya. 

Kepala P4TK Seni dan Budaya Salamun menambahkan FSI diciptakan untuk memberikan ruang berkreasi bagi guru, siswa dan seniman yang ada di berbagai daerah Indonesia dan beberapa negara internasional. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI