Menipu Modus Jual Beras, Residivis Ditangkap

SLEMAN, KRJOGJA.com – Satu lagi pelaku penipuan online berhasil ditangkap petugas Ditreskrimsus Polda DIY. Pelaku berinisial MA (31) mengelabuhi korban dengan modus menjual sembako dengan harga lebih murah dari pasaran.

Wadireskrimsus Polda DIY AKBP FX Endriadi SIK menjelaskan, MA merupakan pengangguran asal Medan. “Beraksi sejak November 2019, MA berhasil meraup untung Rp 500 juta dari sekitar 200 korban di berbagai wilayah. Tersangka merupakan residivis yang pernah masuk di salah satu Lapas daerah Banjarmasin,” ungkap Endriadi, belum lama ini.

Dalam memuluskan aksinya, MA mempunyai tiga akun FB yang digunakan untuk posting barang dagangan. Tak hanya sembako, tersangka juga menawarkan dagangan lain seperti kurma. Agar calon korban tertarik, ia mematok harga miring dari pasaran. Salah satu korban yang tertipu, adalah Aminah, warga Yogya, yang memesan beras jenis basmati. Korban tertarik dengan dagangan yang ditawarkan oleh tersangka yang saat itu menggunakan akun Hasan Ali di Facebook. Pada postingan tertanggal 22 Oktober 2020 lalu sekitar pukul 05.34 itu, tersangka menawarkan harga Rp 720.000 untuk tiap sak beras jenis basmati.

BERITA REKOMENDASI