Merah Putih Selimuti Monjali di Hari Pahlawan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Monumen Yogya Kembali (Monjali) menggelar upacara Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019) hari ini. Sebuah bendera merah putih raksasa, membentang di monumen yang berbentuk kerucut raksasa ini. 

Baca Juga: Pelajar Yogya Peringati Hari Pahlawan

Puluhan orang dari mahasiswa, pelajar hingga karyawan monumen mengikuti upacara tersebut. Ketua Panitia Peringatan Hari Pahlawan di Monjali, Nanang Winarto mengatakan upacara peringatan Hari Pahlawan kali ini memang dibuat berbeda dari biasanya. 

“Ada bendera merah putih berukuran 24×18 meter yang dibentangkan di badan monumen. Yang unik pada upacara kali ini, kami juga melakukan pengibaran raksasa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi dengan alunan biola yang dimainkan siswi bernama Goldy sembari menggelantung,” ungkapnya. 

Tak hanya Goldy, Nanang menyebut bahwa selain Goldy ada 9 anak dari sanggar biola Quinta Yogyakarta yang memainkan biola sebagai pengiring musik Indonesia Raya. “Goldy bermain di atas, dan 9 orang lainnya di bawah. 10 anak ini mencerminkan peringatan Hari Pahlawan 10 November,” sambung dia. 

Sementara Kimora Goldy, siswi yang memainkan biola sembari bergelantung di badan monumen mengaku sangat bangga bisa mengiringi di momen bersejarah. Bagi siswi kelas 4 SD tersebut, pengalaman ini menjadi yang pertama dan dengan aksi tak biasa. 

Baca Juga: Hari Pahlawan, Superhero Anti Hoax Bermunculan di Yogya

"Ini baru pertama kalinya, tadi saya main biola untuk mengiringi lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Indonesia Pusaka, Satu Nusa Satu Bangsa, Tanah Airku dan Bagimu Negeri. Tidak ada kesulitan, saya enjoy saja karena tidak takut ketinggian. Kemarin juga hanya latihan sekali, gladi bersih hari Sabtu,” ungkap siswi SD Kanisius Wirobrajan ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI