Merapi Tenang Lagi, Pengungsi Kembali Pulang

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Letusan freatik Gunung Merapi yang terjadi, Jumat (1/6) kembali membuat ratusan warga Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Sleman memilih mengungsi. Mereka menuju Kantor Kepala Desa Glagaharjo secara mandiri sebagai bentuk dari kesiapsiagaan bencana. 

Mereka adalah warga dari lima dusun di Desa Glagaharjo. Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, Gading dan Singlar. Saat meninggalkan rumah, beberapa dari mereka sudah membawa tas yang isinya surat-surat berharga. 

Berita terkait:
Hujan Abu Mulai Turun, Warga Wilayah Barat Laut Merapi Jangan Panik

Tenang! Letusan Hari Ini Bukan Awan Panas, Status Merapi Masih Waspada
 

Paini (50) salah satunya. Warga Dusun Kalitengah Lor ini turun dengan kendaraan roda dua bersama anak perempuannya. Saat turun dia sudah membawa dua tas yang berisi surat-surat berharga. Tas tersebut sudah dia siapkan sejak ada kenaikan aktivitas tanggal 11 Mei kemarin. 

“Dulu sudah pernah disiapkan. Tapi dikeluarkan lagi karena kondisinya aman. Karena kemarin ada letusan lagi, siapkan tas lagi. Isinya Cuma surat-surat berharga saja. Termasuk identitas. Jadi tadi tinggal bawa saja saja,” ujarnya. 

Saat ada letusan, dia sedang mencari rumput di sekitar tempat tinggalnya. Dia lalu mendengar suara gemuruh. Dia lalu pulang untuk mengambil tas dan langsung ke balai desa. (Awh)

 

 

BERITA REKOMENDASI