Mereka Makin Sayang Sama Sungai

SLEMAN (KRjogja.com) – Terdapat banyak sungai di DIY, namun keberadaan mereka hanya bak tempat sampah panjang bagi sebagian masyarakat. Banyak sampah sengaja di buang di sungai menutup fungsi sungai yang sebenarnya.  

Kondisi ini menjadi alasan Asosiasi Komunitas Sungai Yogyakarta (AKSY) menyiapkan penggiat muda untuk menggugah kepedulian cintai lingkungan dengan Jambore Sungai DIY 2016 yang berlangsung selama 2 hari di Youth Center Mlati, Sleman, Sabtu-Minggu (27-28/8/2016).

"Kami ingin ciptakan penggiat muda, mereka dari kalangan pelajar. Mereka masih punya banyak waktu, energi mereka besar. Kita ingin arahkan mereka sebagai penggiat yang nantinya menularkan rasa cinta untuk melestarikan keberadaan sungai dan merawatnya," jelas Ketua Panitia Jambore SUngai DIY 2016, Bambang Sasongko kepada KRjogja.com.  

Koko menambahkan limbah dan sampah masih jadi masalah serius. Sampah gampang ditemukan di sungai-sungai besar di DIY sebut saja Code, Winongo, Gajah Uwong dan Bedog. Kondisi inilah yang membuatnya prihatin.  

"Dulu mencari ikan di sungai itu mudah. wader, tawes mudah didapat. Tapi sekarang sulitnya minta ampun. Ini karena ekosistem sungai rusak," sambungnya.  

Jambore Sungai DIY 2016 diikuti sedikitnya 250 pelajar SMP dan SMA di DIY. Selama 2 hari mereka mendapat materi pokok soal daerah aliran sungai, permasalahan dan penanggulangannya serta penanggulangan bencana. (M-2)

 

BERITA REKOMENDASI