Minta Mahasiswanya Berinovasi, UMBY Siap Sambut Industri 4.0

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Revolusi industri 4.0 datang dengan begitu cepat mengharuskan masyarakat beradaptasi secepat mungkin. Sumber Daya Manusia (SDM) pun dituntut untuk berinovasi agar tak terlibas masa yang serba dinamis. 

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pun berusaha menyikapi perubahan tersebut dengan cepat. Salah satu dengan menggelar kuliah umum perdana semester genap TA 2018/2019 di Auditorium Kampus III, Sabtu (02/03/19) dimoderatori oleh Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum serta narasumber Dewi Ratna Sari, S.Psi., alumni Psikologi UMBY yang juga menjabat sebagai HRD Pertiwi Group. 

Dalam kuliah tersebut dibahas hal menarik untuk memasuki industri 4.0 yang serba digital. Dewi Ratna Sari mengatakan inovasi dan kreativitas merupakan dua faktor penting untuk memasuki masa 4.0 selain penguasaan teknologi. 

“Hal yang membedakan kita dengan mesin adalah cara berpikir dan kreativitas. Di jenjang perguruan tinggi ini kita punya kesempatan menjadi mahasiswa yang mumpuni yang berdaya saing tinggi, kompeten, komunikatif, menguasai teknologi,” ungkapnya. 

Dewi Ratna mengungkap saat ini banyak bermunculan bisnis startup yang ternyata memiliki potensi sangat besar. “Saya berharap dari UMBY ini muncul kreator-kreator muda yang mampu menciptakan unicorn baru di Indonesia,” sambungnya. 

Sementara Wakil Rektor Bidang Keuangan UMBY Tutut Dewi Astuti turut menyampaikan harapan agar mahasiswa bisa mengembangkan diri dengan maksimal selama menjalani proses perkuliahan. UMBY menurut dia mendukung langkah-langkah positif yang dilakukan mahasiswa sebagai bentuk keseriusan mempersiapkan diri di era 4.0. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI