Miss Indonesia 2015 Ajak Generasi Muda Peduli Sesama

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Miss Indonesia 2015 Maria Harfani, mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk lebih peduli dengan sesama. Terutama yang berkaitan dengan lingkungan dan sesama. Karena menurutnya, saat ini mayoritas anak muda Indonesia suka pamer sesuai yang bersifat duniawi.

"Bisa kita lihat, di sosial media marak hal-hal yang berbau hedonis dan dunia. Tidak salah jika mereka update soal fashion atau sebagainya, tapi tutur bahasa yang mereka sampaikan mencerminkan ketidakpedulian mereka akan lingkungan sekitar," kata Maria di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Senin (08/08/2016).

Panitia Inisiasi Sanata Dharma (Insadha) 2016 gelombang 2 memang sengaja mendatangkan Maria, karena Runner-Up Miss World 2015 tersebut dianggap tepat untuk berbagi pengalaman. Apalagi temanya, ‘express youreself, express your leadership, be onfire’. Menurutnya, banyak perubahan positif yang akan tercipta di Indonesia. Jika saja, generasi muda ini ikut terlibat didalamnya.

Lebih lanjut Maria menuturkan, banyak potensi dari anak muda Indonesia yang dapat membuat bangsa ini menjadi lebih baik. Meski sudah banyak yang ikut terlibat dalam melakukan perubahan. Tapi ternyata masih lebih banyak yang belum melakukan. Saat ini dia masih aktif di bidang sosial. Dia menfokuskan di bidang sanitasi. Karena ternyata, banyak daerah di Indonesia yang lingkungannya tidak sehat. Karena sanitasinya termasuk buruk.

"Bahkan lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Tepatnya di Pandeglang Banten. Disana sanitasnya bisa dibilang sangat buruk. Ini tentu berdampak pada penyebaran penyakit," jelas mahasiswa S2 MM UI ini.

Meski latar belakang pendidikan Maria tidak berkaitan dengan kesehatan lingkungan, namun ia sangat menaruh perhatian khusus dalam hal ini. Itu juga setelah dia mendapatkan pengalaman mengajar di salah satu desa terpencil di China, di sana ia menyaksikan penduduk hanya mandi saat musim hujan tiba karena tidak memiliki toilet. (Awh)

BERITA REKOMENDASI