Momen Hari Batik, JEC Bakal Jadi Lautan Batik

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kementrian Perindustrian bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) DIY menggelar Pameran Batik di Jogja Expo Center (JEC) 9-13 Oktober 2019 sebagai rangkaian perayaan Hari Batik. 150 stand produk batik dari industri kecil menengah (IKM) di DIY dan berbagai daerah di Indonesia, instansi serta paguyuban akan hadir memenuhi hall JEC di Banguntapan Bantul.

Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Kemenperin RI Titik Purwati Widowati mengatakan pemilihan DIY sebagai ruang pameran dilatarbelakangi predikat Kota Batik Dunia yang diberikan World Craft Council (WCC). “18 Oktober merupakan peringatan Jogja Kota Batik Dunia dan ini tentu saja sangat menarik dan pas menurut kami,” ungkapnya dalam temu media di Grand Keisha Hotel Gejayan, Rabu (2/10/2019).

Menurut dia, dalam gelaran lima hari bakal ada berbagai atraksi menarik berkaitan dengan batik misalnya peragaan busana menghadirkan desainer Yogyakarta dan nasional. “Standnya total ada 150, jadi akan sangat meriah dan sayang dilewatkan,” tambah dia.

Sementara selain itu dalam press conference diserahkan pula sebuah buku pelajaran batik yang diinisiasi seorang dari Gedangsari Gunungkidul, Drs Sardi. Nantinya buku tersebut akan diserahkan dan diharapkan bisa diperbanyak untuk mengisi ruang kosong terkait batik yang dihasilkan dari penelitian selama tujuh tahun.

Momen peringatan Hari Batik sendiri akan dimeriahkan pula dengan seminar batik pada 10 Oktober 2019 di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Berbagai narasumber kompeten akan hadir diantaranya dari Yayasan Batik Indonesia, Asosiasi Perajin dan pengusaha Batik Indonesia, Paguyuban Batik Sekar Jagad serta Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta.

Wakil Sekjen Dekranas Pusat, Ikhwan Asrin pun berharap agenda yang diadakan di Yogyakarta kali ini bisa mempertegas predikat Kota Batik Dunia yang tersemat sejak 2014 lalu. “Harapannya ekosistem batik akan semakin berkembang dan hidup tentu saja kemudian menggerakkan ekonomi masyarakat,” sambung dia. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI