Moon Shine, Minuman Buah Siap Minum Berbahan Lokal

MOON Shine, minuman siap saji yang dijual bebas cenderung kurang. Karena kebanyakan mengandung bahan kimia. Berawal dari itulah, pasangan suami istri Satria Cahya Pamungkas (28) dan Anneke Putri Purwidyaningtari (33) membuat kemasan siap minum dengan berbahan dasar alam.

Warga Ngabean Kulon Sinduharjo Ngaglik Sleman tersebut sudah dimulai sejak 1,5 tahun yang lalu. Bahan baku yang digunakan untuk minuman ini adalah buah, bunga dan rempah-rempah. Seperti apel, nanas, buah naga, pala, hingga kayu manis. Selain tanpa bahan pengawet, minuman ini juga non alkohol. 

Ada dua produk yang dihasilkan mereka. Kemasan siap minum atau Ready to drink dan sirup. Karena berbahan alam, minuman ini dapat meningkatkan stamina. Namun, produk ini tidak disarankan bagi penderita Diabetes Melitus (DM).

"Karena ini minuman, tetap mengandung gula. Jadi bagi masyarakat yang menderita DM tidak disarankan untuk minum. Tapi secara keseluruhan, dapat meningkatkan stamina," ungkap Anneke ketika menerima rombongan wartawan Pemkab Sleman, Kamis (27/12).

Dalam sebulan, mereka mampu memproduksi 100 L minuman dan sirup. Untuk harga satu botol kemasan siap minum ukuran 250 ml seharga Rp 25 ribu. Sedangkan untuk sirup kemasan 600 liter dijual Rp 80 ribu dan Rp 150 ribu untuk kemasan 1 liter.

Dibutuhkan waktu 1-2 bukan bagi Anneke dan Satria untuk ujicoba produk hingga akhirnya siap jual. Untuk pemasaran sejauh ini ke rumah makan Eropa dan online. "Untuk pemasaran sejauh ini masih sekitar Yogyakarta dan Solo. Selain itu juga ke restoran yang menyajikan menu barat. Ada juga yang ke hotel dan beberapa kafe," katanya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI