MTs Miftahunnajah Terakreditasi A

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – MTs Miftahunnajah beralamat di Trini, Trihanggo Gamping Sleman meraih Akreditasi 'A' (unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Visitasi akreditasi dilakukan 21-23 Mei 2019 dan pengumuman akreditasi pada 5 November 2019. "Kami bersyukur MTs Miftahunnajah meraih akreditasi A dari BAN-S/M," terang Kepala MTs Miftahunnajah, Muhamad Mujari didampingi Kepala MA Miftahunnajah, Muslikh Bahaddur kepada KRJOGJA.com, Kamis (26/12/2019).

Menurut Mujari, MTs Miftahunnajah adalah madrasah berbasis pondok pesantren. Seluruh siswanya sebanyak 160 orang (putra dan putri) adalah santri mukim. Keunggulan yang dimiliki MTs Miftahunnajah adalah program Tahfidz Quran. "Selama belajar di MTs (3 tahun) ditargetkan santri menghafal 15 juz, kemudian dilanjutkan ke MA Miftahunnajah ditargetkan menyelesaikan hafalan 30 juz," ujarnya.

Keunggulan lain yang dimiliki MTs Miftahunnajah adalah seni kaligrafi. Beberapa siswanya mewakili DIY di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas). Siswa-siswi MTs juga dibekali keterampilan khitobah (pidato, ceramah) juga puisi. "Di samping memiliki kemampuan akademik tinggi ditunjukkan nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), santri kami juga dibekali keterampilan khitobah," tutur Mujari.

MTs Miftahunnajah memiliki visi menjadi lembaga pendidikan Islam integral yang terdepan dalam mendidik generasi yang sensitif, produktif dan kreatif. Terkait komposisi siswa, menurut Mujari, 50 persen berasal dari DIY dan 50 persen dari luar daerah di sekitar DIY dan luar pulau Jawa (Sabang sampai Merauke).

"Siswa dari luar Yogya motivasinya untuk mondok di pesantren. Informasinya berkembang dari mulut ke mulut, ada juga orangtua yang sudah mengenal MTs Miftahunnajah. Kami juga punya lembaga pelayanan dakwah, sehingga banyak dai-dai ke luar daerah menyebarkan informasi mengenai pesantren ini," katanya. MTs Miftahunnajah terus berkembang dengan menambah kelas dan asrama. MTs juga menyediakan program beasiswa bagi siswa. (Dev)

BERITA REKOMENDASI