MTsN 6 Sleman Juarai World Robot Games Online Edition 2021

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – MTsN 6 Sleman meraih prestasi World Robot Games Online Edition 2021 di Filipina. Harsoyo, Kepala MTsN 6 Sleman didampingi Wahyudi (Pembimbing Robotik MTsN 6 Sleman) mengungkapkan, pada event World Robot Games Online Edition 2021 MTsN 6 Sleman berhasil menduduki peringkat pertama dengan mendapatkan Medali Emas Line Tracing atas nama Fauzan Aulia Rahman.

Peringkat kedua mendapatkan medali Perak dengan anggota tim: Luthfan Chaerul Zafran, Mayo Sabil Aldebaran dan Muhammad Kefin Maulana Ibrahim. ”Lomba ini diikuti oleh 8 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunai Darussalam, Taiwan dan China,” ujar Harsoyo, Kamis (22/04/2021).

Wahyudi menjelaskan, kejuaraan robotik di Filipina ini diawali dengan pengiriman proposal dan video. Pada akhir Januari disampaikan pengumuman peserta yang lolos. Tahap selanjutnya presentasi dan demo robot pada pertengahan Februari sampai awal Maret melalui online.

Pengumuman juara, Rabu 21 April 2021. Adapun jenis robot yang dilombakan adalah jenis robot inovative yaitu robot yang diprogram untuk mengantarkan makanan dan obat di rumah sakit Covid-19 dan robot Line Tracing robot yaitu robot yang mengikuti garis.

Penyerahan kejuaraan lomba dilaksanakan secara daring sedang sertifikat dan medali akan dikirimkan ke madrasah. Ditegaskan Harsoyo, Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY dengan Surat Keputusan (SK) nomor 720 tahun 2020, MTsN 6 Sleman sebagai Madrasah Robotic. “Kami memang memberi perhatian besar kepada siswa-siswi menekuni bidang robotic,” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan Suwardi (Wakil Kepala Bidang Kurikulum), Soklis Etnadi (Wakil Kepala Bidang Kesiswaan) dan Yusuf P Surame (Wakil Kepala Bidang Sarpras) secara senada, anak didik MTsN 6 Sleman, memiliki potensi besar untuk menjadi para juara. Penghargaan tekah diraih tingkat nasional dan internsional.

Selain itu, jalinan komunikasi dalam lingkungan madrasah bersifat kekeluargaan dengan warga madrasah. Baik peserta didik maupun wali murid turut mendorong keberhasilan para peserta didik dalam mengembangkan berbagai potensi termasuk bidang robotik. (Jay)

BERITA REKOMENDASI