MTSN 9 Sleman Launching Program Tahfidz

SLEMAN, KRJOGJA.com – Meski masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) para siswa Madrasah tetap bisa mengembangkan potensi mereka di bidang agama. Melalui program tahfidz Alquran, para siswa MTSN 9 Sleman diharapkan bisa menghafal satu juz dalan satu semester.

Kepala Madrasah MTSN Drs H Abdul Hadi menerangkan, program tahfidz ini diikuti oleh semua siswa MTSN 9 Sleman. Dengan metode yang dinilai efektif, efisien dan produktif. Dalam sehari siswa diharapkan bisa menghafal 1/5 halaman dan pada hari kedua 2/5 halaman. Sehingga dalam waktu kurang lebih 5 hari sudah hapal satu halaman. “Program tahfidz ini menjadi program unggulan di madrasah ini. Bahkan menjadi program satu-satunya di Indonesia, dengan target satu semester satu juz dan saat siswa lulus bisa hapal minimal 6 juz,” kata Drs Abdul Hadi saat launching Program Tahfidz di MTSN 9 Sleman, Kamis (19/11).

Saat mengikuti program tahfidz, pengajar menggunakan metode dasar pengembangan dan menggunakan variasi agar anak-anak tidak jenuh dan bosan. Sehingga siswa merasa terhibur saat menghafal, siswa diajak bermain tapi sebenarnya sedang menghafal ayat Alquran.

Abdul mengatakan, dengan program tahfidz ini, selain mengajak siswa mendalami agama juga bisa berdampak pada kegiatan akademis lainnya. Hal ini juga sudah dibuktikan, tiap hari menghapal, otomatis konsentrasi anak menjadi sebuah karakter atau kebiasaan. “Jika sudah terbiasa serius menghadapi sesuatu, juga berdampak pada kegiatan lain termasuk saat belajar. Siswa bisa lebih konsentrasi dan berprestasi dalam bidang akademik dan kegiatan ekstra lainnya,” terang Abdul.

BERITA REKOMENDASI