Mulai 1 Juli, PPDB di Sleman Gunakan Sistem Zonasi

SLEMAN, KRJOGJA,com – Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang TK, SD dan SMP di Kabupaten Sleman akan dimulai tanggal 1 Juli 2018. Untuk jenjang SD dan SMP dipastikan tetap menggunakan sistem zonasi.

Jenjang SMP negeri dilaksanakan dengan sitem Real Time Online (RTO) dengan menggunakan model gabungan, secara mandiri dan secara langsung dan sudah diberlakukan ke 54 SMP negeri yang ada di Kabupaten Sleman. 

Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri melalui laman www.sleman.siap-ppdb.com, mulai tanggal 1 Juli 2018 pukul 00.00 WIB hingga 5 Juli pukul 24.00 WIB. Sedangkan swasta dilakukan secara manual.Di Kabupaten Sleman total ada 54 SMP negeri. Dari jumlah tersebut, tiga sekolah menyelenggarakan Kelas Khusus Olahraga (KKO). SMPN 1 Kalasan, SMPN 3 Sleman dan SMPN 2 Tempel. Di SMPN 4 Pakem ada kelas cerdas dan/atau kelas berbakat, dimana pedoman PPDBnya diatur sendiri.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman Sri Wantini mengatakan, pelaksanaan PPDB untuk jenjang TK-SMP di Sleman dilakukan bersamaan. Pendaftaran dan verifikasi tanggal 2-4 Juli dan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2018. 

Seleksi calon peserta didik baru SMP menggunakan nilai  Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) tiga mata pelajaran. Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA. Selain itu juga ada pertimbangan nilai prestasi akademik dan non akademik. Jenjang SD dengan mempertimbangkan usia dan jarak tempat tinggal ke sekolah.

"Sama seperti tahun sebelumnya. PPDB kali ini tetap menggunakan sistem zonasi. Untuk SD zona berdasarkan padukuhan. Sedangkan SMP zonasinya berdasarkan wilayah. Zona barat, timur, utara dan tengah," katanya, Minggu (24/06/2018). (Awh)

BERITA REKOMENDASI