Murid SMP Al Azhar Yogya Raih Medali Emas ICYSS

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Murid SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, Karang Jimbaran Setyatrisila meraih prestasi membanggakan di lomba internasional yaitu ‘International Conference of Young Social Scientists (ICYSS) 2021’. Lomba diadakan di Belgrade Serbia secara daring/online pada 25-27 Juni 2021, diikuti 11 negara dari seluruh dunia. Jimbaran meraih medali emas untuk bidang sejarah (histori).

Koordinator Ekskul KIR SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, Fajar Arif Herjayanto mengatakan, untuk sampai lomba tingkat internasional, Jimbaran harus melewati proses panjang. Pada seleksi tingkat provinsi (Juni-Agustus 2020), Jimbaran Juara 1 dan berhak melaju ke tingkat nasional. Di LPB tingkat nasional (November 2020) Jimbaran mendapat gold medal di bidang sejarah, sehingga berhak mengikuti seleksi untuk masuk tim Indonesia yang akan mewakili ke tingkat internasional.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, seleksi tim Indonesia dilakukan Januari-Februari 2021. Jimbaran terpilih sebagai satu-satunya peserta wakil Indonesia untuk bidang histori. Sejak Maret-Juni 2021, Jimbaran harus membagi waktu antara persiapan ASPD kelas IX SMP dan pembinaan dengan pakar-pakar nasional dari CYS (Center for Young Scientists). “Di final ICYSS, Jimbaran mendapatkan gold medal untuk Indonesia dari 10 peserta bidang histori yang diikuti berbagai negara,” kata Fajar kepada KRJOGJA.com, Kamis (1/7/2021).

Selain prestasi tersebut, Jimbaran juga mendapat apresiasi dari Juri Ms Gordana Pedric dan Profesor Goran Dujkovic sebagai peserta dengan perolehan terbaik dan topik yang serius dan menarik soal tolerasi beragama, berjudul ‘The Crescent Arising Beside the Palace: The History of Tolerance Among Muslim’s and Hindu’s Kingdom of Karangasem Bali’.

BERITA REKOMENDASI