Museum Gunungapi Merapi Terapkan Transaksi E-Payment

SLEMAN, KRJOGJA.com – Museum Gunungapi Merapi sebagai tempat dan fasilitas umum merupakan salah satu lokus masyarakat beraktivitas yang mendukung sektor pendidikan dan pariwisata, namun juga berpotensi menjadi lokus penyebaran COVID-19 sehingga diperlukan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan di tempat dan fasilitas umum.

Sesuai Surat Edaran dari Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 556 / 04567 tanggal 29 Juni 2020 tentang Surat Edaran terkait Uji Coba Operasionalisasi secara terbatas, pengelola diharuskan untuk: 1. menerapkan sistem reservasi dan pendataan wisatawan (online dan on the spot); 2. mengajukan permohonan verifikasi melalui Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota untuk dilakukan pengecekan kondisi aktual penerapan SOP New Normal, sehingga untuk pelaksanaan operasionalisasi Museum Gunungapi Merapi masih menunggu verifikasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Sehubungan dengan hal tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, H.Y. Aji Wulantara, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa Museum Gunungapi Merapi telah menerapkan Implementasi transaksi non tunai (online) sebagai Implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah sebagai bagian dari upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 910/ 1866/ SJ tanggal 17 April 2017.

BERITA REKOMENDASI