Muslimatun Akan Bangun Ekonomi Berbasis Bencana

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Potensi bencana di Kabupaten Sleman perlu diwaspadai di musim penghujan, terlebih saat ini status Gunung Merapi berada pada level III (Siaga). Penanganan bencana yang buruk akan memicu masalah, baik sosial dan juga ekonomi.

Merespon permasalahan tersebut, calon Bupati Sleman Nomor Urut 2, Sri Muslimatun bersama tim pakar telah mengidentifikasi dan merampungkan roadmap Ekonomi Berbasis Bencana. Menurutnya salah satu faktor penghambat ekonomi khususnya di Sleman karena ketidakmampuan daerah mengelola risiko bencana beserta mitigasinya.

“Kami merampungkan roadmap Ekonomi Berbasis Bencana yang melibatkan para pakar ekonomi dan kebencanaan. Kedepan, rancangan ekonomi dan pembangunan akan memperhatikan mitigasi bencana,” ujar Muslimatun di sela kunjungannya ke barak pengungsian warga di Kalitengah Lor Glagaharjo Cangkringan, Sabtu (7/11).

Menurut Muslimatun, Ekonomi Berbasis Bencana adalah bentuk keseriusannya menjadikan arena Pilkada sebagai politik gagasan. Fokus gagasan ini untuk membangun ketahanan ekonomi menghadapi bencana. Nantinya sejumlah sektor fundamental akan cepat pulih jika terpukul akibat bencana.

“Kami akan perkuat sektor fundamental agar ekonomi cepat pulih dan menopang komponen pendukungnya. Konsep ini mencakup mitigasi bencana, penanggulangan bencana, sinkronisasi program, dan alokasi anggaran,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI