Nitilaku UGM Mahfud dan Pratikno Ikut Jalan Kaki, Ganjar Pilih Berkostum Wayang

YOGYA, KRJOGJA.com – Ribuan alumni UGM dan masyarakat mengikuti prosesi Niti Laku dari Pagelaran Kraton Yogyakarta menuju kampus UGM, Minggu (15/12/2019).

Semangat mengilhami bagaimana awal mula UGM yang diberikan ruang belajar di Kraton oleh Sri Sultan HB IX hingga akhirnya memiliki kampus di Bulaksumur diusung para peserta dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) tersebut.

Dua undangan VIP hadir yakni Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang juga mantan rektor UGM. Keduanya tak segan ikut berjalan kaki dari Pagelaran menuju UGM. Pratikno memilih menggunakan kaos polo biasa berwarna putih dan ikat kepala khas Bali berwarna ungu.

Sementara Mahfud sedikit lebih santai menggunakan pakaian identik menunjukkan orang Madura (Pesa’an) yakni luaran berwarna hitam dan kaos bergaris merah putih. Menarik, Gubernur Jawa Tengah yang juga Ketua Kagama, Ganjar Pranowo tampil begitu total kali ini.

Ganjar mengenakan pakaian tokoh pewayangan Arjuna lengkap dengan anak panah di bagian belakang. Ketua Nitilaku Hendrie Adji Kusworo, Ph.D mengatakan kegiatan kali ini dikemas dalam bentuk pawai budaya dengan tema besar kebudayaan wayang dan semangat perjuangan. Tema kebudayaan dan semangat perjuangan akan mempresentasikan kostum-kostum perwayangan, baju khas daerah dan perjuangan.

Unsur kebudayaan dan semangat berbangsa serta bernegara dimunculkan melalui parade kostum tradisional dan atraksi seni budaya nusantara. Sebelum dilaksanakannya pawai alegoris rombongan dilepaskan dari Pagelaran Kraton oleh Sri Sultan HB X, Rektor UGM dan Ketua PP KAGAMA, Ganjar Pranowo serta doa di pimpin oleh Ust Wijayanto. (Fxh)
 

BERITA REKOMENDASI