Obama Masih Ingat Tokoh Hanoman di Relief Candi Prambanan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama kagumi sosok Hanoman begitu memasuki Candi Prambanan dan melihat relief kera tersebut. Ingatan Obama tentang tokoh Anoman sangat kuat, waktu kecil ia pernah mengunjungi candi tersebut sehingga kedatangannya pada Kamis (29/06/2017) kali ini merupakan kunjungan yang kedua.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Kepala Unit Candi Prambanan, Manggar Sari Ayuati, usai mendampingi Obama keliling candi mengatakan, Obama memasuki semua candi utama. Khususnya di Candi Siwa, Obama memasuki empat bilik yang ada di candi itu.

Baca juga :

Obama Puas Berada di Puncak Becici

Usai Dikunjungi Obama, Puncak Becici Berharap Lebih Maju

Kamar Obama di Bulaksumur Ramai Dikunjungi Orang

Bahkan ia juga mengambil foto secara detail relief di setiap bilik. Selain itu Obama juga selfie dengan patung dewa-dewa. “Pertama masuk lihat kera langsung tanya, apa ini anoman. Saya bilang bukan, baru setelah di dalam saya tunjukkan. Obama juga ambil foto detail pada relief waktu anoman bakar kota Alengka,” katanya.

Lebih lanjut Manggar mengatakan, saat melihat patung nandi, Obama bercerita ia pernah ke candi Prambanan dan berfoto dengan patung nandi. Obama juga masih ingat reruntuhan batu-batu candi yang berserakan di kompleks tersebut. Bahkan ia kagum, bagaimana bebatuan yang sudah terserak dan teraduk tersebut bisa disusun kembali menjadi candi yang megah.

“Saya jawab bahwa perlu proses lama, karena ditemukan dalam kondisi runtuh. Harus satu per satu ditemukan dengan pasanganya. Kita punya pencari dan penyetel untuk merangkai kembali. Itu kemampuan yang sangat langka yang tidak dimiliki setiap orang, perlu didikan sangat panjang,” jelas Manggar pula.

Selama satu jam mengelilingi Candi Prambanan, Obama tidak makan maupaun minum. Sangat sopan dan santun. Hal itu terlihat saat disapa pengunjung, Obama membalas dengan antusias. (Sit)

BERITA REKOMENDASI