Obama Selfie di Resi Aga Setia Candi Siwa

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kunjungan Barrack Obama ke Candi Prambanan Kamis (29/6/2017) ternyata menyisakan cerita tersendiri. Kali ini, mantan oran nomor satu di AS ini berfoto selfie di relief Candi Siwa yang dinilainya sangat menarik pandangannya.

Arkeolog yang juga Kepala Candi Prambanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY Manggar Sari Ayu Putri yang menemani Obama berkeliling mengungkap presiden AS ke-44 tersebut sempat berfoto selfie di salah satu resi di Candi Siwa. Hal tersebut menurut Manggar merupakan hal yang cukup menarik melihat kesan bahwa Obama diingatnya sebagai sosok yang serius.

"Dia (Obama) tadi sempat berfoto selfie di resi Aga Setia di Candi Siwa, dia tertarik sekali dengan cerita dibaliknya jadi menyempatkan berfoto di sana," ungkapnya.

Tak hanya itu, karena penasaran bagaimana cara pembuatan candi, Obama diketahui juga sempat menjajaki lokasi pemugaran Candi Perwara di sisi utara. Di lokasi tersebut bahkan Obama sempat melambaikan tangan pada wisatawan yang memang tak boleh masuk ke kompleks utama.

"Kami jelaskan bahwa candi ini dahulu bentuknya runtuhan batu, kemudian disatukan cari pasangan satu per satu seperti puzzle. Beliau ingin tahu jadi kami ajak ke lokasi pemugaran di sisi utara dan sempat tersenyum ke arah wisatawan," lanjutnya.

Kepada Manggar, Obama juga mengaku sangat terpukau dengan Candi Prambanan yang dilihatnya sangat megah. Ia juga sempat menanyakan tokoh Hanoman yang tertuang dalam relief Ramayana.

Siang hari ini Obama juga mengunjungi Puncak Becici Dlingo Bantul untuk menyaksikan keindahan alam Yogyakarta. Sementara adik tiri Maya Soetoro bersama kedua anak Obama dijadwalkan bakal menuju Tamansari dan Alun-Alun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI